Rabu, 25 Januari 2017

Apa itu COBIT??

COBIT merupakan singkatan dari Control Objective for Information and related Technology.
Dikeluarkan dan disusun oleh IT Governance Institute yang merupakan bagian dari ISACA (Information Systems Audit and Control Association) pada tahun 1996. 
Hingga saat artikel ini dimuat setidaknya sudah ada 5 versi COBIT yang sudah diterbitkan, versi pertama diterbitkan pada tahun 1996, versi kedua tahun 1998, versi 3.0 di tahun 2000, Cobit 4.0 pada tahun 2005, CObit 4.1 tahun 2007 dan yang terakhir ini adalah Cobit versi 5 yang di rilis baru-baru saja.

COBIT adalah merupakan kerangka panduan tata kelola TI dan atau bisa juga disebut sebagai toolset pendukung yang bisa digunakan untuk menjembatani gap antara kebutuhan dan bagaimana teknis pelaksanaan pemenuhan kebutuhan tersebut dalam suatu organisasi. 

COBIT memungkinkan pengembangan kebijakan yang jelas dan sangat baik digunakan untuk IT kontrol seluruh organisasi, membantu meningkatkan kualitas dan nilai serta menyederhanakan pelaksanaan alur proses sebuah organisasi dari sisi penerapan IT. 

Cobit berorientasi proses, dimana secara praktis Cobit dijadikan suatu standar panduan untuk membantu mengelola suatu organisasi mencapai tujuannya dengan memanfaatkan IT.



Cobit memberikan panduan kerangka kerja yang bisa mengendalikan semua kegiatan organisasi secara detail dan jelas sehingga dapat membantu memudahkan pengambilan keputusan di level top dalam organisasi

Cobit memiliki 4 Cakupan Domain :

  1.  Perencanaan dan Organisasi (Plan and Organise) Domain ini mencakup strategi dan taktik yang menyangkut identifikasi tentang bagaimana TI dapat memberikan kontribusi terbaik dalam pencapaian tujuan bisnis organisasi sehingga terbentuk sebuah organisasi yang baik dengan infrastruktur teknologi yang baik pula.
  2. Pengadaan dan Implementasi (Acquire and Implement) Untuk mewujudkan strategi TI, solusi TI perlu diidentifikasi, dibangun atau diperoleh dan kemudian diimplementasikan dan diintegrasikan dalam proses bisnis.
  3. Pengantaran dan Dukungan (Deliver and Support) Domain ini berhubungan dengan penyampaian layanan yang diinginkan, yang terdiri dari operasi pada security dan aspek kesinambungan bisnis sampai dengan pengadaan training.
  4. Pengawasan dan Evaluasi (Monitor and Evaluate) Semua proses TI perlu dinilai secara teratur dan berkala bagaimana kualitas dan kesesuaiannya dengan kebutuhan kontrol.

Related Posts:

  • Pengalaman Organisasi organisasi sangat penting bagi kehidupan sehari-hari dan semua orang pasti pernah berorganisasi dalam kehidupannya. saya sendiri juga sebagai mahasiswa pernah mengikuti beberapa organisasi, dimulai sejak saya sd sampai seka… Read More
  • "Kehilangan Kursi"Kasus 5 : "Kehilangan Kursi" sebuah organisasi menufacturing yang mempunyai karyawan sekitar 270 orang mempekerjakan seorang manajer pabrik dengan maksud untuk mengurangi biaya-biaya produksi. meningkatkan kualitas produk, d… Read More
  • Konflik, Motivasi dan Proses Mempengaruhi1. Pengertian Konflik Konflik adalah adanya pertentangan yang timbul di dalam seseorang (masalah intern) maupun dengan orang lain (masalah ekstern) yang ada di sekitarnya. Konflik dapat berupa perselisihan (disagreement), … Read More
  • Peran Komunikasi Dalam OrganisasiPengertian dan Arti Penting Komunikasi Manusia adalah makhluk sosial, dimana kegiatannya tidak lepas dari berinteraksi dan berkomunikasi satu dengan yang lain. Tanpa adanya komunikasi,  manusia akan sulit untuk hidup kar… Read More
  • masalah yang sering dialami saat suka sama cewe beberapa dari kalian yang masih jomblo atau baru pertama kali suka sama cewe mungkin rasanya susah sekali buat deketin si gebetan, alasannya juga beragam-ragam mulai dari gak Pede lah, merasa kurang ganteng lah dan s… Read More

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Copyright © 2025 DRMREIN | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com