COBIT merupakan singkatan dari Control Objective for
Information and related Technology.
Dikeluarkan dan disusun oleh IT Governance Institute yang
merupakan bagian dari ISACA (Information Systems Audit and Control Association)
pada tahun 1996.
Hingga saat artikel ini dimuat setidaknya sudah ada 5 versi
COBIT yang sudah diterbitkan, versi pertama diterbitkan pada tahun 1996, versi
kedua tahun 1998, versi 3.0 di tahun 2000, Cobit 4.0 pada tahun 2005, CObit 4.1
tahun 2007 dan yang terakhir ini adalah Cobit versi 5 yang di rilis baru-baru
saja.
COBIT adalah merupakan kerangka panduan tata kelola TI dan
atau bisa juga disebut sebagai toolset pendukung yang bisa digunakan untuk
menjembatani gap antara kebutuhan dan bagaimana teknis pelaksanaan pemenuhan
kebutuhan tersebut dalam suatu organisasi.
COBIT memungkinkan pengembangan
kebijakan yang jelas dan sangat baik digunakan untuk IT kontrol seluruh
organisasi, membantu meningkatkan kualitas dan nilai serta menyederhanakan
pelaksanaan alur proses sebuah organisasi dari sisi penerapan IT.
Cobit berorientasi proses, dimana secara praktis Cobit
dijadikan suatu standar panduan untuk membantu mengelola suatu organisasi
mencapai tujuannya dengan memanfaatkan IT.
Cobit memberikan panduan kerangka
kerja yang bisa mengendalikan semua kegiatan organisasi secara detail dan jelas
sehingga dapat membantu memudahkan pengambilan keputusan di level top dalam
organisasi
Cobit memiliki 4 Cakupan Domain :
- Perencanaan dan Organisasi (Plan and Organise) Domain ini mencakup strategi dan taktik yang menyangkut identifikasi tentang bagaimana TI dapat memberikan kontribusi terbaik dalam pencapaian tujuan bisnis organisasi sehingga terbentuk sebuah organisasi yang baik dengan infrastruktur teknologi yang baik pula.
- Pengadaan dan Implementasi (Acquire and Implement) Untuk mewujudkan strategi TI, solusi TI perlu diidentifikasi, dibangun atau diperoleh dan kemudian diimplementasikan dan diintegrasikan dalam proses bisnis.
- Pengantaran dan Dukungan (Deliver and Support) Domain ini berhubungan dengan penyampaian layanan yang diinginkan, yang terdiri dari operasi pada security dan aspek kesinambungan bisnis sampai dengan pengadaan training.
- Pengawasan dan Evaluasi (Monitor and Evaluate) Semua proses TI perlu dinilai secara teratur dan berkala bagaimana kualitas dan kesesuaiannya dengan kebutuhan kontrol.
0 komentar:
Posting Komentar